Sebelumnya jangan anggap tulisan ini sebuah ancaman, bualan, anjuran, atau apapun tapi cobalah untuk melihat tulisan hanya sebuah wacana yang mungkin menjadi hal positif untuk kalian yang membaca dan mengerti apa yang saya ingin sampaikan..

Saya seorang Graphic Designer yang sedang memulai usaha sendiri dengan membuat Creative House bersama teman-teman saya, yah lumayan kami sedang mengangani sebuah klien dari sebuah perusahaan
elektronik ternama (yang saya ga akan sebutkan namanya), hubungan kerjasama kami cukup lancar walaupun klien kami tersebut tersebut suka telat membayar quotation yang sudah kami berikan (Tipikal standar seorang klien).. hehehehe. Namun bukan itu yang ingin saya share ke kalian semua tetapi lebih kepada "PENGHARGAAN" TERHADAP PENJUAL JASA DESAIN saya melihat banyak sekali Designer-Designer yang sangat handal dan telah menciptakan karya-karya terbaik untuk para klien masing-masing. Akan tetapi saya melihat apresiasi konsumen terhadap penjual jasa design itu sangat minim, saya bertemu seorang klien yang menganggap sebuah design itu adalah pekerjaan gampang yang tidak membutuhkan otak (suatu pemikiran mendalam) untuk membuat suatu karya design.

Namun jangan salah setiap karya design itu mempunyai filosofi atau penceritaan tentang sesuatu, seharusnya para konsumen atau calon konsumen mengerti tentang ini.. Oooohh iya saya pernah dianggap tukang cetak karena saya seorang Graphic Design (Ya Tuhan..) bengong saya mendengar itu namun dengan langsung saya bilang "tidak", namun saya tertawa setelah peristiwa tersebut namun saya berpikir terus apakah sebuah jasa design itu masih sangat murah atau masyarakat belum mengetahui tentang arti sebenarnya tentang Design itu apa atau bagaimana.. Namun saya melihat banyak juga penjual jasa design mematok harga yang sangat murah, sebagai contoh harga sebuah pembuatan logo hanya di patok harga < Rp.500.000 itu sangat "WOW" bagi saya itu INCREDEBLY CHEAP untuk sebuah pembuatan logo (tapi ini hanya pendapat).. Sebuah logo bagi saya adalah sebuah identitas dari apa yang akan diwakilkan, bukan hanya sekedar bagus untuk dipandang mata. Kondisi ini sangat mengkhawatirkan saya karena mata pencaharian utama saya dan saya sangat mencintai pekerjaan saya ini.

Saya melihat masih banyak non-pelaku design dan pelaku design yang menganggap design adalah sesuatu yang murah, C'mon guys kita patut di beri penghargaan lebih dari peran kita berbeda dari tukang cetak atau apapun itu kita dan tukang cetak mempunyai peran masing masing dalam sebuah dari sebuah struktur kreatif yang melibatkan banyak pihak..

Here's the deal..

Kita (penjual jasa desain) harus lebih mendalami apa peran yang kita jalankan, apa yang kita lakukan ini adalah sesuatu yang "gampang", "murah" atau "rendah"?? renungkan pertanyaan ini pada diri anda..

Bagi saya sebuah karya, artwork or what ever we call it adalah karya berdasarkan hak intelektual..

Demikian sesuatu yang sangat ingin saya sampaikan dan terima kasih atas perhatiannya. Semoga tulisan ini menjadi sesuatu yang berguna dan saya mohon maaf sebesar-besarnya bila ada sesuatu yang salah dengan tulisan ini, sekali lagi saya mohon maaf sebesar-besarnya..

0 comments :

Post a Comment